10 Pertolongan Pertama Sesak

10 Pertolongan Pertama Sesak

Sesak napas adalah kondisi dimana seseorang memiliki kesulitan untuk bernapas, didalam dunia medis hal ini disebut dyspnea dan bisa disebabkan berbagai faktor.

Disaat seseorang mengalami sesak napas tersebut, mereka harus ditangani dengan benar agar tidak berakibat fatal.

Beginilah cara-cara awal pertolongan sesak napas : 

1. Bawa ke tempat yang lebih tenang dan jauh dari keramaian

Saat penderita mengalami sesak napas, usahakan untuk menjauhi kerumunan. Suasana tenang penting untuk membuat kondisi penderita stabil. 

2. Segera panggil bantuan medis

Segera panggil bantuan medis saat ada penderita yang mengalami sesak napas. Untuk itu, simpan nomor darurat pusat kesehatan atau rumah sakit yang bisa membantu.  

3. Nyamankan dengan posisi duduk

Buat penderita sesak napas merasa nyaman dengan posisi duduk. Berikan sandaran kepadanya agar lebih nyaman. Tempatkan bantal di punggung atau kepala agar posisinya lebih tinggi dari kaki. 

4. Jangan biarkan penderita tiduran

Orang awam mungkin mengira bahwa posisi tidur adalah posisi yang nyaman untuk penderita sesak napas. Nyatanya itu gak benar sama sekali. Posisi duduklah yang terbaik. Itu karena dengan duduk, paru-paru lebih mudah berkembang dan menghirup oksigen.

5. Ingatkan penderita untuk bernapas panjang dan dalam

Tenangkan penderita dengan memintanya secara perlahan untuk menarik napas panjang dan dalam. Arahkan untuk menarik napas melalui hidung

6. Longgarkan pakaian penderita agar lebih mudah bernapas

Untuk memudahkan penderita bernapas, longgarkan pakaian korban. Terlebih jika dia menggunakan pakaian yang ketat dan tebal. 

7. Berikan air hangat untuk menghangatkan dada penderita

Air hangat berfungsi untuk mengembalikan jalan napas seperti semula. Berikan air hangat secukupnya. 

8. Berikan obat pereda sesak napas

Jika merasa perlu, berikan obat pereda sesak napas, salbutamol atau nebuliza. Jika memungkinkan kamu bisa bertanya pada penderita apabila dia sudah mempersiapkan obat sendiri. 

9. Berikan pijatan pada jempol penderita

Jempol kaki adalah titik syaraf paru-paru. Tekanlah 3-5 cm ruas ibu jari penderita. Ini berguna untuk membantu jalannya napas penderita agar normal kembali. Lakukan perlahan saja, jangan terlalu keras karena itu hanya akan membuat penderita makin parah. 

10. Pastikan penderita mendapat penanganan medis dari ahli

Meski sesak napas bisa berhenti, pastikan bahwa penderita memeriksakan diri pada dokter. Dengan begitu, penderita akan mengetahui diagnosisnya. Terlebih jika kasus sesak napas ini pertama kali dialami.

Sumber : 

https://www.idntimes.com/health/fitness/viktor-yudha/harus-tahu-ini-10-pertolongan-pertama-untuk-penderita-sesak-napas-1/full

Leave a Reply

Close Menu