PENTINGNYA CEK KESEHATAN UNTUK KESEHATAN

PENTINGNYA CEK KESEHATAN UNTUK KESEHATAN

Seringkali orang meremehkan betapa pentingnya cek kesehatan rutin, karena dianggap membuang waktu, membuang uang atau mungkin lebih parah dianggap tidak berguna. 

Orang sering berpikiran untuk apa kesehatan dicek kalau tidak sakit, karena biasanya orang yang cek kesehatan adalah orang sakit sedangkan saya sehat. 

Kenyataannya, banyak orang yang sakit tapi belum diketahui hingga tahap yang sudah sulit untuk ditindak.

Inilah pentingnya memeriksa kesehatan dengan rutin. Cek kesehatan adalah suatu tindak pencegahan atau preventif. Tindakan ini berguna untuk menghidari atau mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang. 

Cek kesehatan rutin bisa mencegah penyakit-penyakit berikut bisa ditangani lebih awal :

  1. Penyakit Jantung :

Di tahap awal, biasanya akan ditanyakan tentang gejala, riwayat kesehatan keluarga, serta pola hidup Anda. Jika pasien dicurigai mengidap penyakit jantung, dianjurkan untuk menjalani beberapa pemeriksaan guna mengonfirmasi diagnosis.

  • Tes darah
  • X-ray,
  • Elektrokardiogram (EKG)
  • Treadmil
  • Angiografi koroner,
  • CT scan, atau MRI scan.
  • Stroke :

Disampaikan Direktur Siloam HosDisampaikan Direktur Siloam Hospitals Dhirga Surya Medan dr. Mangantar Marpaung, MMKes, kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan otak secara rutin masih sangat jarang. Selama ini, kata dia, lebih banyak orang yang memeriksakan kesehatan jantung atau organ tubuh lainnya.

“Pada kenyataannya, brain check up sangat diperlukan karena berguna untuk mendeteksi penyakit yang mengancam kesehatan otak, seperti stroke. Hal inilah yang ingin kami sosialisasikan juga kepada masyarakat awam melalui acara edukasi ini,” ujar dr Mangantar dalam rilis yang diterima Suara.com, Sabtu (4/5/2019).

Pencegahan tentunya lebih baik daripada mengobati. Dengan kesadaran dan rutin melakukan pemeriksaan, masyarakat dapat mencegah dan mendeteksi dini gangguan yang terjadi pada otak.

  • Diabetes :

Dikutip dari Dr. Subuh, ada beberapa cara untuk mencegah dan mengendalikan penyakit. Yang paling utama yaitu mendeteksi secara awal. Ini merupakan tahap terpenting karena berguna untuk mengetahui status diabetes tersebut sehingga cepat tertangani. Lalu tahap selanjutnya adalah penanganan dan yang terakhir adalah tahapan pencegahan dengan mengurangi resiko pemicu Diabetes.

Leave a Reply

Close Menu